Rabu, 08 Oktober 2014

Paris (Menara Eiffel)


MENARA EIFFEL

Menara Eiffel (bahasa Perancis: Tour Eiffel) merupakan sebuah menara besi yang di bangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.

Dinamai sesuai perancangnya, insinyur Gustave Eiffel, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia.Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai Kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu.

Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu pada tahun 1889.

Menara ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechelin.

Resiko kecelakaan sangat besar, untuk pencakar langit modern yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal bergerak, rel bantu dan layar, dan dalam hal ini hanya satu yang meninggal.

Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika di bangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris.

Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah di runtuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa. 

Sebagai contoh, Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monumen kemenangan pertempuran itu.

Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton sementara keseluruhan struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000 ton. Tergantung temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci) karena pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin.Sebagai demonstrasi terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7300 ton struktur besi dicairkan, maka akan memenuhi 125 meter persegi dengan kedalaman 6 cm (2.36 inci), yang berarti kepadatan besi 7.8 ton per meter kubik. Menara ini memiliki massa yang kurang dari massa udara di dalam silinder dengan dimensi yang sama,setinggi 324 meter dan 88.3 jari-jarinya.


sepuluh fakta tentang Menara Eiffel yang dinilai sebagai manifestasi fisik dari cinta dan asmara.

1. Menara Eiffel bukanlah gagasan Gustav Eiffel. Sebaliknya, justru insinyur senior Maurice Koechlin dan Emile Nouguier yang merancangnya. Gustav Eiffel semula tidak tertarik pada proyek tersebut. Namun ia mengirim dua insinyur ke kepala departemen arsitektur perusahaan, Stephen Sauvestre. Dengan bantuan Sauvestre, Eiffel menjadi orang yang dikenal sebagai pemilik rencana akhir dan membeli hak patennya.

2. Pembangunan Menara Eiffel melibatkan 300 pekerja serta menggunakan 18.038 potongan besi tempa dan 2,5 juta paku keling dengan ketinggian 984 kaki (300 meter) tanpa antena di puncak, atau 1.063 kaki (324 meter) dengan antena.

3. Menara Eiffel dibangun sebagai simbol dari ilmu pengetahuan modern. "Tidak hanya insinyur modern, tapi juga abad perindustrian dan sains di mana kita hidup," kata Gustav Eiffel. Pada waktu itu, menara sedang dibangun dan teknologi sedang dalam fase pertumbuhan.

4. Pada masa pembangunan, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di dunia. Hingga akhirnya pada 1930, Chrysler Building setinggi 1046 kaki dibangun di New York.

5. Lift Menara Eiffel semula tidak beroperasi. Namun pada 6 Mei, ketika menara dibuka untuk publik, masalah muncul. Sebanyak 30 ribu pengunjung harus mendaki 1.710 langkah untuk mencapai puncak. Akhirnya, lift dijalankan pada 26 Mei.

6. Warga Paris awalnya membenci Menara Eiffel yang dinilai telah merusak pemandangan. Sejumlah seniman juga menolaknya. Media cetak Prancis menerima surat kemarahan bahwa menara tidak cocok dengan nuansa kota. Bahkan novelis Guy de Maupassant sangat membenci menara itu hingga dia memutuskan untuk selalu makan siang di sebuah restoran. Ketika ditanya alasannya, dia menjawab bahwa restoran itulah satu-satunya tempat di mana ia tidak bisa melihat Menara Eiffel.

7. Menara Eiffel bisa berubah ketinggian tergantung pada musim. Karena dibangun menggunakan besi tempa, logam menara bisa mengembang bila terkena panas matahari musim panas yang menyebabkan strukturnya naik 6,75 inci.

8. Struktur Menara Eiffel dirancang bersifat sementara, yang bisa dibongkar setelah 20 tahun. Namun militer Prancis dan pemerintah mulai menggunakannya sebagai transmisi sistem komunikasi radio dan telekomunikasi. Ketika izin berakhir pada 1909, Pemerintah Kota Paris memutuskan memperbarui konsesi.

9. Menara Eiffel cukup lama menggunakan energi baterai. Mentransmisikan sinyal radio selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II, kabel lift dipotong, sehingga Nazi tidak bisa menggunakan menara (setelah pasukan sekutu memasuki kota).

10. Setiap tujuh tahun, 50-60 ton cat dipakai untuk melindungi menara dari karat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar